4 Tips untuk Mengatasi Reading Slump, Yuk Disimak!

Photo by Ben White on Unsplash
0 Shares

Halo Piters! Apakah Piters tahu mengenai reading slump? Reading Slump (Kebuntuan membaca) merupakan keadaan dimana kita bosan ataupun tak tertarik membaca buku dikarenakan satu dan lain hal. Reading slump mirip dengan writer block bagi penulis. Perasaan tidak bergairah, bosan membaca buku, bahkan sekadar memgang buku pun tak berminat.

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan reading slump, yakni:

1. Kecewa dengan Ekspektasi Buku yang Dibaca

 Hal ini bisa terjadi karena kita selaku pembaca memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap buku yang ingin dibaca. Sebenarnya tak salah jikalau kita memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap buku yang akan kita baca, karena mungkin kita mendapatkan rekomendasi dari orang lain ataupun membaca review buku itu. Alhasil kita pun tertarik untuk membaca buku tersebut. Namun, memang pada akhirnya ekspektasi terkadang tidak sesuai dengan realita yang terjadi.

2. Baca Buku yang Terlalu Berat ata Sulit Dipahami

Hal ini bisa terjadi karena mungkin ketika kita yang biasanya baca buku ringan seperti novel,self improvement, dsb. Lalu, tiba-tiba kita membaca buku yang lebih “berat” dari biasanya. Sehingga, otak memerlukan waktu yang lebih lama untuk memproses isi dari buku tersebut. Alhasil, kita pun enggan untuk melanjutkan buku “berat” tadi.

3. Kurangnya Variasi Buku Bacaan

Variasi menjadi hal penting dalam segala aspek, salah satunya membaca. Bisa jadi karena kita hanya membaca buku dengan satu genre saja, otak kita pun menjadi jenuh. Hal ini disebabkan buku dengan satu genre punya kata kunci yang sama, dan kata kunci yang sama itu membuat kita jenuh. Alhasil, semangat membaca pun menurun.


Nah, kira-kira begitulah penyebab dari reading slump atau kebuntuan membaca. Lalu, bagaimana solusinya kalau sudah mengalami reading slump? Ada beberapa poin yang bisa teman-teman lakukan, antara lain:

1. Baca kembali buku favorit

Membaca buku favorit itu seperti nostalgia. Buku favori bisa jadi adalah buku pertama yang membuat kita jatuh cinta sama buku atau buku tersebut sangat membekas dengan kita. Jadi, kalau mengalami reading slump, coba baca ulang buku favoritmu. Mungkin hal tersebut bisa membantu untuk mengembalikan mood membacamu.

2. Make a goal that make you relax

Biasanya setiap orang punya target bacaannya tersendiri. Ada yang setahun mau baca 100 buku, atau 50 buku, dsb. Ada juga yang dalam sehari mau baca buku 3 jam, 2 jam, dsb. Tak ada yang salah dengan target membaca buku tersebut. Akan tetapi, terkadang ada beberapa target yang tidak sesuai dengan dirinyua. Target itu terlalu membebani, sehingga membuat kita tidak relax. Alhasil membaca tak lagi terasa menyenangkan, namun terasa membebani perasaan. 

3. Coba lakukan variasi membaca

Variasi disini tidak hanya dibatasi oleh genre ya. Variasi bisa juga dilakukan melalui tempatnya, suasananya, dll. Contohnya, kalau biasanya kitabaca novel genre fantasi, coba baca genre romance, action, dsb. Bisa juga kita melakukan variasi tempat. Kalau biasanya kita membaca di kamar, di ruang belajar, coba sekarang baca di alam terbuka seperti di taman, dsb. Tentunya hal ini akan mengurangi kebosanan-kebosanan yang terjadi karena tanpa variasi tadi.

4. Istirahat sejenak

Istirahat adalah langkah terakhir yang bisa teman-teman lakukan. Mungkin kamu memang jenuh membaca atau memang perlu sedikit udara segar. Cobalah olahraga atau jalan-jalan sedikit untuk menenangkan pikiran. Sehingga, pikiran menjadi lebih segar dan badan menjadi lebih sehat.


Membaca bukan sebuah perlombaan tentang siapa yang lebih banyak bacaannya, namun siapa yang mampu mengaplikasikan bacaannya di kehidupan nyata lebih baik. Sekian tips mengatasi reading slump, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *