3 Tips Meningkatkan Fokusmu Setiap Hari

Cara meningkatkan fokus
Photo by Mimi Thian on Unsplash
0 Shares

Halo Piters! Dalam era modern yang penuh dengan gangguan dan keterbatasan perhatian, mengatur fokus menjadi keterampilan yang sangat berharga. Kemampuan untuk memusatkan perhatian pada tugas yang penting dan menghindari gangguan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa langkah praktis bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatur fokus dalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita bahas!


1. Mematikan Notifikasi

Notifikasi dari ponsel, aplikasi, dan perangkat lainnya seringkali menjadi sumber utama gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Menerima notifikasi yang tidak penting dapat memecah perhatian kita dan membuat kita sulit untuk tetap fokus. 

Periksa pengaturan notifikasi pada perangkat kamu dan nonaktifkan notifikasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan yang sedang kamu lakukan. Biarkan hanya notifikasi yang benar-benar penting saja yang masuk ke ponselmu.

Selain itu, kamu pun bisa mengaktifkan mode “Diam” atau “Silent Mode”. Banyak perangkat yang sudah memiliki mode khusus untuk mematikan semua notifikasi kecuali panggilan darurat. Aktifkan mode ini saat Anda membutuhkan waktu tanpa gangguan selama kamu mengerjakan tugas.

2. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode populer dalam meningkatkan fokus dan produktivitas. Metode ini melibatkan penggunaan timer untuk membagi waktu menjadi periode kerja yang fokus dan periode istirahat singkat. Berikut adalah langkah-langkah bisa kamu ikuti untuk menggunakan teknik pomodoro:

1. Tentukan tugas yang akan diselesaikan: Pilih satu tugas yang ingin Anda kerjakan dan tetapkan tujuan yang jelas untuk tugas tersebut.

2. Atur timer selama 25 menit: Mulailah timer dan fokuslah sepenuhnya pada tugas yang sedang kamu kerjakan selama 25 menit. Jangan biarkan gangguan apa pun mengalihkan perhatian kamu selama periode ini.

3. Istirahat selama 5 menit: Setelah 25 menit kerja yang fokus, beristirahatlah selama 5 menit. Gunakan waktu istirahat ini untuk meregangkan otot atau melakukan kegiatan yang menyegarkan pikiran.

4. Ulangi siklus tersebut: Setelah istirahat singkat, mulailah siklus tadi dengan mengatur timer selama 25 menit untuk fokus pada tugas berikutnya. Setelah empat siklus Pomodoro selesai, beristirahatlah lebih lama, sekitar 15–30 menit.

3. Olahraga dan Istirahat yang Seimbang

Kesehatan fisik dan mental merupakan fondasi penting untuk fokus yang optimal dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga, dapat membantu meningkatkan energi dan konsentrasi kamu. Pilihlah kegiatan yang kamu nikmati dan jadwalkan waktu untuk berolahraga dalam rutinitas harian kamu.

Selain olahraga, tidur yang cukup juga memiliki peran yang sangat penting untuk memulihkan energi dan memperkuat daya konsentrasi. Usahakan untuk mendapatkan 7–8 jam tidur yang berkualitas setiap malam agar kamu dapat menjaga fokus sepanjang hari.


Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatur fokus dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan produktivitas serta kualitas hidupmu. Ingatlah bahwa mengatur fokus adalah proses yang membutuhkan latihan dan kesabaran. Dengan konsistensi dan tekad, kamu dapat mencapai hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *