Tutorial Java: Yuk Kenalan Dengan Bahasa Pemrograman Java

Pengertian Bahasa Pemrograman Java
0 Shares

Halo Piters!! Buat kalian yang baru belajar pemrograman cocok banget nih buat mempelajari bahasa Java. Bahasa Java sudah digunakan lebih dari 12 juta developer di dunia. Jadi kita juga jangan sampai ketinggalan. Nah kalau masih bingung pengertian bahasa pemrograman Java bisa langsung disimak penjelasan dibawah ini.

Pengertian
Kenalan Dengan Java
Source: Freepik

Bahasa Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini sudah banyak sekali digunakan untuk membuat aplikasi web, aplikasi desktop sampai aplikasi mobile. Dengan fleksibiltas yang diberikan, yaitu dapat dijalankan diberbagai platform, seperti Windows, Linux dan Android.

Bahasa pemrograman Java didesain menggunakan sintak yang akan dijalankan Java Virtual Machine (JVM) yang akan merubah bytecode Java menjadi bahasa mesin. JVM merupakan bagian dari Java Runtime Environment (JRE). Hal tersebut yang membuat aplikasi Java dapat melakukan running diberbagai platform, sesuai dengan jargonnya “Write Once, Run Anywhere”. Contoh aplikasi yang menggunakan Java ada Spotify, Linkedin dan Twitter.

Write Once, Run Anywhere

Jadi bagi PIters yang berminat untuk menjadi web atau mobile development, cocok banget untuk mempelajari bahasa Java lebih dalam sampai menjadi expert.

Sejarah Singkat
Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Pada tahun 1991, ada sebuah proyek yang bernama “The Green Project” yang menjadi awal mula lahirnya bahasa Java. Proyek ini digarap oleh James Gosling, Patrick Naughton, Mike Sheridan dan sembilan orang lainnya di perusahaan Sun Microsystem, Amerika Serikat. Proyek ini berjalan sekitar 18 bulan sampai tahun 1992.

Pada awalnya, bahasa pemrograman ini dinamakan ‘Oak’. Konon nama ‘Oak’ ini diambil dari nama pohon yang ada di sebrang jendela James Gosling. Akan tetapi, ternyata sudah ada perangkat lunak lain yang menggunakan nama ini. 

Saat itu sedang naiknya World Wide Web. James Gosling melihat peluang dan akhirnya mengembangkan bahasa Java kearah internet. Kemudian rilis lah versi Hot Java yang dapat menjalankan applet.

Pada tahun 1995, versi Java pertaman kali diperkenalkan. Nama ‘Java’ ini terinpirasi dari kopi yang sering diminum oleh James Gosling yang berasal dari Jawa. Artinya, kata ‘Java’ ini berasal dari kata ‘Jawa’ dalam bahasa Inggris

Mengapa harus Java

Untuk para calon programmer hebat, disini akan dijelaskan beberapa alasan kenapa harus mempelajari dan menggunakan bahasa Java

  • Multiplatform

Sebagai seorang developer tentu saja ingin aplikasinya dapat digunakan diberbagai platform. Dengan fleksibilas yang diberikan ini akan memudahkan user dan developer. Cukup menulis sekali, maka dapat di-running dimanapun.

  • Berorientasi pada Objek

java didesain menjadi bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Artinya dalam sebuah program dilihat menjadi beberapa bagian (objek) yang lebih sederhana. Contoh ketika kita melihat mobil, maka mobil ini dilihat menjadi objek yang lebih kecil seperti rangka badan, mesin, tangki dan rem. 

  • Library yang luas

Bahasa Java yang sudah dikembangkan bertahun-tahun menjadikannya kaya akan library. Dengan library ini dapat mempermudah developer untuk membuat program. 

  • Memiliki komunitas aktif

Bagi yang takut akan terjadi error pada kodingan kita. Tenang saja dan jangan khawatir karena Java memiliki komunitas yang aktif sehingga dapat bertanya banyak hal. Bahkan ketika tidak tau fungsi dari sebuah library, kita juga dapat menanyakannya.

Nah itulan informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mendalami pemrograman. Bagaimana tertarik mempelajari Java? Tetap update infomarsi dari kami ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *