Tutorial Java: 9 Tipe Data Java yang Perlu Diketahui!

Tipe Data Java
Source: Unsplash
0 Shares

Hai PIters!! Kali ini kita akan mengenal Tipe Data pada Pemrograman Java. Tentunya setiap kita membuat kodingan tak akan lepas dari variabel dan tipe data, karena dua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Nah, maka dari itu penting untuk mendalami tipe data apa yang tepat untuk digunakan pada kodingan kita.

Sebelumnya taukah kalian bahwa tipe data pada Java dibagi dalam dua kelompok? Ya, jadi dalam ada dua tipe data yang perlu kita ketahui seperti dibawah ini:

  • Tipe Data Primitive. Kelompok ini terdiri dari int, long, float, double, byte, short, boolean dan char.
  • Tipe Data Non-primitive. Kelompok ini terdiri dari String, Arrays, dan Classes.

Disini kita akan berfokus pada tipe data yang paling umum digunakan, yaitu int, long, float, double, byte, short, boolean, char, dan String.

Tipe Data Byte

Byte adalah tipe data numerik yang dapat menyimpan angka dari -128 sampai 127. Tipe data ini biasa digunakan untuk rentan nilai yang kecil.

Contoh Code

byte jumlahMurid = 32;
System.out.println("Jumlah Murid kelas 3 " + jumlahMurid);
Tipe Data Short

Short adalah tipe data numerik yang dapat menyimpan angka dari -32768 sampai 32767. Tipe data ini relatif digunakan untuk angka yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Contoh Code

short kedalamanLaut = 10000;
System.out.println("Kedalaman Laut adalah " + kedalamanLaut);
Tipe Data Int

Int adalah tipe data numerik yang dapat menyimpan angka dari -2147483648 sampai 2147483647. Tipe data Int adalah tipe data yang paling sering digunakan.

Contoh Code

int usia = 25;
System.out.println("Usiaku " + usia);
Tipe Data long

Long adalah tipe data numerik yang dapat menyimpan angka dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807. Tipe data ini biasa digunakan untuk nilai yang besar. Dalam menggunakan tipe data ini, anda juga perlu menambahkan “L” pada akhir angka.

Contoh Code

long jumlahPenduduk = 2733523003103L;
System.out.println("Jumlah Penduduk " + jumlahPenduduk);
Tipe Data  Float

Float adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan angka desimal dengan kisaran jangkauan hingga 6 atau 7 digit desimal. Dalam menggunakan tipe data float, anda perlu menambahkan ‘f’ diakhir nilai.

Contoh Code

float rataRata = 22.57f;
System.out.println("Rata-ratanya " + rataRata);
Tipe Data Double

Double adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan angka desimal dengan kisaran jangkauan hingga 15 digit desimal, artinya memiliki akurasi yang lebih tinggi dari float. Dalam menggunakan tipe data double, anda perlu menambahkan ‘d’ diakhir nilai.

Contoh Code

double nilai = 8.95d;
System.out.println("Nilai Matematika = " + nilai);
Tipe Data Boolean

Boolean adalah tipe data yang bernilai true or false. Anda akan semakin memahami kapan akan menggunakan tipe data boolean ini saat sudah memiliki jam terbang tinggi dalam ngoding.

Contoh Code

boolean lulus = true;
boolean gagal = false;
System.out.println(lulus);
System.out.println(gagal);
Tipe Data Char

Char adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan data tunggal.

Contoh Code

char nilai = 'A';
System.out.println("Nilai Matematika " + nilai);
Tipe Data String

String adalah tipe data yang digunakan untuk meyimpan sekumpulan karakter. String juga termasuk tipe data yang umu digunakan.

Contoh Code

String alamat = "Perum. Green House Blok. B/13";
System.out.println("Alamat saya " + alamat);

Nah jadi itulah penjelasan beberapa tipe data yang umum digunakan di Java. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mendalami pemrograman. Bagaimana tertarik mempelajari Java? Tetap update infomarsi dari kami ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *